ayo buat website

Survei SMRC Nyatakan Ganjar Pranowo Unggul Dibanding Bacapres Lainnya

Suara Papua - Wednesday, 23 August 2023 - 15:57 WITA
Survei SMRC Nyatakan Ganjar Pranowo Unggul Dibanding Bacapres Lainnya
 (Suara Papua)
Penulis
|
Editor

JAKARTA — Hasil survei terbaru dari SMRC menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo memang terus unggul di Pilpres 2024. Hal tersebut juga berkat adanya dukungan dari berbagai masyarakat yang semakin meluas.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) telah merilis sebuah data dari hasil survei terbaru yang mereka lakukan mengenai elektabilitas dari para Capres yang akan bertanding di Pilpres 2024 mendatang.

Dari hasil data terbaru terlihat bahwa angka elektoral yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo berhasil mengalami peningkatan dan mengungguli nama kandidat lainnya.

Terkait hal tersebut, Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan bahwa terdapat simulasi pilihan tertutup terhadap tiga nama dan Ganjar memperoleh dukungan hingga 35,9 persen.

“Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap tiga nama, Ganjar mendapat dukungan 35,9 persen, Prabowo 33,6 persen. Anies di posisi ketiga dengan dukungan 20,4 persen. Yang belum tahu 10,1 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, ternyata dalam dua tahun terakhir ini memang angka elektoral yang dimiliki oleh Capres PDI Perjuangan tersebut terus mengalami peningkatan sejak Mei 2021 menuju ke Agustus 2023.

Sebelumnya, elektabilitas Ganjar adalah pada angka 25,5 persen, namun kini ternyata meningkat secara signifikan menjadi 35,9 persen.

Sedangkan untuk nama kandidat lain cenderung stagnan dan bahkan ada yang mengalami penurunan.

Menurut Deni, penguatan akan angka elektoral dari pemimpin berambut putih itu terus terjadi sejak dirinya secara resmi dideklarasikan oleh PDI Perjuangan sebagai Capres mereka.

Pada April 2023 elektabilitasnya mencapai 33,2 persen, kemudian terus naik hingga Mei 2023 menjadi 39,2 persen.

Sementara itu, kenaikan angka elektoral yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo juga sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana dukungan masyarakat yang terus bertambah kepadanya.

Diketahui bahwa kelompok Relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (PS19) di Porvinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah melakukan deklarasi mereka untuk mendukung penuh sosok pemimpin berusia 54 tahun itu di Pilpres 2024.

Setelah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo, para relawan itu kemudian berkomitmen kuat untuk bisa memenangkannya di NTB, khususnya di Kabupaten Lombok Timur.

Eks Relawan Pejuangan PS19, Ahmad Rozi menjelaskan bahwa mereka memberikan dukungan kepada pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu lantaran melihat bahwa sosoknya memiliki visi dan misi untuk melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

“Kami dan teman-teman dengan adanya tiga orang capres (Ganjar, Prabowo dan Anies) sepakat dukung Ganjar Pranowo. Tentu pilihan kami berdasarkan situasi terakhir secara nasional,” katanya.

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
ayo buat website