ayo buat website

Deklarasi Menteri Jadi Bukti Konkret Diplomatic Victory Indonesia di WWF ke-10

Suara Papua - Friday, 24 May 2024 - 12:37 WITA
Deklarasi Menteri Jadi Bukti Konkret Diplomatic Victory Indonesia di WWF ke-10
 (Suara Papua)
Penulis
|
Editor

Bali – Indonesia telah sukses menggelar Pertemuan World Water Forum (WWF) ke -10 di Bali yang mengusung tema utama “Water for Shared Prosperity”. Tidak hanya sukses menggelar acara bertaraf internasional, Indonesia juga berhasil mendorong sejumlah kerja sama konkret.

Salah satu keberhasilan tersebut yaitu dengan mengesahkan Deklarasi Menteri sebagai hasil konkret Diplomatic Victory bagi Indonesia. Deklarasi tersebut telah disahkan di akhir Pertemuan Tingkat Menteri WWF Ke-10 yang dihadiri oleh 106 negara dan 27 Organisasi Internasional.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dalam deklarasi tersebut, Indonesia mengusung tiga prioritas. Pertama, pengusulan Hari Danau Sedunia (World Lake Day). Pengusulan peringatan Hari Danau Sedunia ini tidak sekadar simbolis saja melainkan dinilai sebagai kunci menjaga danau.

“Danau merupakan sumber pasokan air yang menghidupi manusia sekaligus memiliki fungsi sosial dan ekonomi masyarakat. Peringatan Hari Danau Sedunia ini tidak hanya sekadar simbolis, namun sebagai salah satu kunci utama untuk menjaga kelestarian danau di seluruh dunia,” kata Basuki Hadimuljono.

Kedua, pendirian Center of Excellence untuk ketahanan air dan iklim.

“Sebagai negara kepulauan, Indonesia wajib berada di garda terdepan untuk mendorong inovasi dalam pengelolaan air dan sanitasi. Melalui pendirian Center of Excellence akan dapat mengembangkan kapasitas, knowledge sharing, dan pemanfaatan fasilitas yang unggul,” lanjutnya.

Selain itu, capaian lainnya pada Forum ini adalah berhasilnya Indonesia menyusun daftar proyek terkait air.

“Indonesia telah berhasil menyusun daftar proyek terkait air yang menjadi andalan dari berbagai negara. Sebanyak 113 proyek senilai 9,4 Miliar USD, di antaranya terdapat proyek percepatan penyediaan air minum bagi 3 juta rumah tangga dan proyek pengelolaan air limbah domestik bagi 300 ribu rumah tangga,” imbuh Luhut.

“Berbagai proyek besar ini tentunya akan sangat memberikan manfaat dan dampak besar bagi masyarakat di berbagai negara,” terang Menteri PUPR

Sementara itu, Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Sumber Daya Air, Firdaus Ali mengatakan bahwa beban masyarakat dalam menghadapi krisis air akan semakin berat, maka dari itulah WWF Ke-10 hadir untuk memberikan solusi.

“Beban populasi akibat krisis iklim akan memperburuk situasi ke depan. Makanya, kita siapkan forum di Bali ini dengan segala kepercayaan dan keyakinan, apa yang dibicarakan di Bali muncul solusi yang konkret,” ujar Firdaus Ali.

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
ayo buat website