ayo buat website

Aparat Keamanan Pastikan Kesiapan Pengamanan KTT AIS Forum di Bali

Suara Papua - Friday, 6 October 2023 - 13:20 WITA
Aparat Keamanan Pastikan Kesiapan Pengamanan KTT AIS Forum di Bali
 (Suara Papua)
Penulis
|
Editor

Bali – Provinsi Bali akan menjadi lokasi diselenggarakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum pada 10 – 11 Oktober 2023 mendatang.

Untuk menjaga jalannya konferensi agar tetap aman dan lancar, pihak aparat keamanan akan memperketat pengamanan di sekitar tempat konferensi. Sehingga para tamu VVIP dari berbagai negara dapat melaksanakan segala aktivitas kenegaraan dengan nyaman.

Terkait pengamanan ajang KTT AIS Forum, Kodam IX/Udayana terus mengoptimalkan berbagai persiapan. Salah satu hal tersebut diwujudkan dalam pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) di Makodam Udayana.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi selaku Dansatgas Pamwil menjelaskan bahwa kegiatan TGF merupakan lanjutan penyiapan pengamanan dari Satgas pengamanan wilayah dan Satgas evakuasi KTT AIS.

“Ini juga untuk mengukur sejauh mana kesiapan kita dalam rencana yang sudah disusun dalam kegiatan KTT AIS,” katanya.

Selanjutnya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi menginstruksikan supaya seluruh Satgas dan unsur terkait lainnya yang berada di wilayah tugas teritorial Kodam IX/Udayana siap untuk bertugas melaksanakan pengamanan.

“Saya berharap semoga sesuai dengan rencana dan tidak ada perubahan waktu dan Obyek yang sudah kita siapkan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meminta pasukan khusus yang tergabung dalam Satgas Pasukan Khusus, berlatih menjelang penyelenggaraan KTT AIS Forum tersebut. Salah satu yang dimaksud oleh Panglima TNI adalah Latihan Penanggulangan Teror (Latgultor).

“Meskipun pasukan khusus kita sudah sering berlatih, menjelang KTT ini, yang namanya latihan tetap perlu dilakukan karena bertujuan untuk memantapkan atau menajamkan naluri tempur sewaktu-waktu mereka dihadapkan oleh ancaman yang sebenarnya,” kata Panglima TNI Yudo Margono.

Panglima TNI Yudo Margono juga mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat untuk bersama-sama menunjukkan kembali kekuatan Indonesia dalam pengamanan event bertaraf internasional.

“Keberhasilan dan kesuksesan tidak hanya berdampak pada reputasi petugas pengamanan tapi reputasi nama Indonesia di kancah internasional,” ujar Panglima TNI Yudo Margono.

Untuk diketahui, KTT AIS Forum 2023 akan berlangsung di Bali dan mengundang puluhan negara pulau dan kepulauan serta sejumlah organisasi internasional. Tahun ini, AIS Forum 2023 mengusung tema “Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future”.

Agenda pertemuan tersebut akan berfokus kepada tiga aspek penting, yakni pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, dan mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
ayo buat website