ayo buat website

Gandeng PYCH Binaan BIN, Pemerintah Komitmen Kembangan SDM Papua

Suara Papua - Friday, 7 July 2023 - 14:33 WITA
Gandeng PYCH Binaan BIN, Pemerintah Komitmen Kembangan SDM Papua
 (Suara Papua)
Penulis
|
Editor

Oleh Angelica Kaloke )*

Binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN) melalui adanya pembangunan dan peresmian Gedung PYCH telah mengalami keberhasilan besar untuk bisa menciptakan adanya lompatan dalam berkembangnyaSDM muda di Tanah Papua.

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah melakukan pembukaan pada pelaksanaan acara Papua Street Carnival yang bertempat di Kota Jayapura, Papua, pada hari Jumat tanggal 7 Juli 2023. Dalam sambutan yang beliau sampaikan, Kepala Negara memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Badan Intelijen Negara (BIN).

Bagaimana tidak, pasalnya diketahui bahwa memang inisiator dari pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) bermula dari adanya inisiatif Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan, yang mana beliau melihat dan meyakini bahwa sebenarnya para anak muda di Bumi Cenderawasihmemang memiliki potensi bakat yang sangat luar biasa, namun masih jarang terekspos dan tidak disertai dengan adanya bimbingan atau pembinaan dan pelatihan yang baik demi semakin mengembangkan potensi tersebut.

Maka dari itu, kemudian dilaksanakan pembangunan Gedung PYCH yang memang tujuannya adalah untuk bisa menjadi wadah bagi para generasi muda penerus bangsa di Bumi Cenderawasih untuk semakin mengasah minat dan bakat mereka, termasuk juga semakin memperkuat adanya persatuan dan kesatuan antar pemuda di sana.

Kemudian, menurut Presiden Jokowi dalampidatonya tatkala membuka pelaksanaan acara Papua Street Carnival, beliau menyatakan bahwa telah berhasil melihat bagaimana terjadinya lompatan yang sangat besar dari hasil karya anak muda di Bumi Cenderawasih. Utamanya, lompatan besar tersebut terjadi setelah dibangun dan diresmikannya Gedung Papua Youth Creative Hub.

Pasalnya, memang dalam gelaran Papua Street Carnival itu, tidak sedikit dari para anak muda yang berasal dari provinsi paling Timur di Tanah Air itu seluruhnya turut meramaikan dan menyemarakkan kegiatan dengan berbagai macam karya yang mereka hasilkan dari banyaknya latar belakang yang dimiliki.

Bahkan, seluruh karya dan produk yang telah berhasil diperlihatkan dalam kegiatan tersebut sempat membuat Kepala Negara menjadi takjub, yang mana beliau mengaku telah melihat berbagai macam produk asli dari para generasi muda Papua, mulai dari kopi, ikan asap hingga produk dari para desainer lokal.

Mengetahui banyak sekali kemampuan dan talenta yang sebenarnya dimiliki oleh para generasi muda penerus bangsa dari Tanah Papua, namun selama ini masih memang kurang dalam hal pembinaan dan pengasahan, sehingga Presiden Jokowi memberikanapresiasi kepada BIN yang sudah mencurahkan kerja keras mereka dengan tanpa mengenal lelah dalam melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para anak muda tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, hasil binaan yang dilakukan oleh Badan Intelijen Negara bahkan kemudian mampu menciptakan banyak sekali lompatan yang luar biasa dan langsung bisa dirasakan dan dilihat hasilnya. Presiden RI ketujuh itu memuji bagaimana produk desainer yang dipamerkan dalam acara Papua Street Carnival menurutnya memiliki desain yang sangat bagus karena dikemas dengan ditambahkan brand milik mereka sendiri dengan sangat baik dan dibuat dengansemenarik mungkin.

Lebih lanjut, terdapat sebuah lompatan sangat besar lagi yang patut untuk diberikan apresiasi dengan tinggi, yakni saat para pemuda di Bumi Cenderawasih mampu untuk melakukan produksi handphone maupunlaptop sendiri, yang mana semuanya itu dilakukan di Indonesia bagian Timur, di Tanah Papua.

Sehingga sudah sangat jelas bahwa industri kreatif yang berada di Tanah Papua mengalami perkembangan yang sangatlah signifikan, utamanya bagi pemberdayaan sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi para pemuda di wilayah tersebut. Semua hasil kerja keras yang telah dilakukan oleh BIN mulai dari bagaimana menginisiasi adanyapembangunan Gedung PYCH hingga memberikan pendampingan serta pembinaan, seluruhnya telahterbayarkan dengan hasil yang sangat maksimal akan adanya pembangunan SDM muda di sana.

Sebagai informasi, bahwa pelaksanaan acara Papua Street Carnival sendiri mengangkat tema besar yakni ‘Papua Extravaganza (The East Great Spirit)’, yang mana menandakan bahwa di provinsi paling Timur Tanah Air sendiri masih memiliki semangat dan harapan yang sangat besar untuk mampu mencapai kesejahteraan yang jauh lebih tinggi dan juga untuk mengalami pembangunan yang signifikan bahkan bisa bersaing dengan masyarakat lain di Indonesia hinggabersaing ditaraf internasional.

Adanya kegiatan itu pun juga telah disemarakkan dengan pameran ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kreatif dengan ribuan pelaku ekonomi kreatif lainnya. Kemudian, disamping itu, pihakpanitia sendiri juga telah mempersiapkan adanya ratusan perahu hias.

Terlihat sekali dari bagaimana impresi yang dimilikioleh Presiden Jokowi, yang mana beliau mengamini bahwa memang telah terjadi sebuah perkembangan yang sangat besar dari peningkatan kualitas SDM muda yang berada di Tanah Papua. Seluruh keberhasilan tersebut juga sama sekali tidak bisa dipungkiri berkatadanya pembinaan yang dilakukan oleh BIN melalui pembangunan dan peresmian Gedung PYCH, sehingga para generasi muda Bumi Cenderawasih saat ini berhasil menciptakan lompatan yang sangat besar bagi perkembangan mereka.

)* Penulis adalah kontributor Mahasiswa Papua tinggal di Lampung

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
ayo buat website