ayo buat website

Ganjar Pranowo Semakin Diterima Ulama dan Akar Rumput

Suara Papua - Wednesday, 31 May 2023 - 22:44 WITA
Ganjar Pranowo Semakin Diterima Ulama dan Akar Rumput
 (Suara Papua)
Penulis
|
Editor

 

Oleh : Alif Fikri )*

Dukungan terhadap Ganjar Pranowo semakin menggeliat, bahkan dukungan juga datang dari kalangan ulama dan akar rumput yang tentu saja hal ini akan menambah optimisme bagi Ganjar beserta relawan pendukungnya untuk dapat memenangkan Pemilu 2024.

Kini Gubernur Jawa Tengah tersebut memiliki tugas baru. Di mana setiap dirinya berkeliling atau safari ke daerah, Ganjar harus menemui perwakilan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Saat dirinya melakoni safari ke Provinsi Banten, Ganjar bahkan rela berjalan kaki untuk sowan ke Kantor DPW PPP Provinsi Banten pada 27 Mei 2023.

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengakui, bahwa dirinya mendapatkan sambutan yang luar biasa saat safari ke berbagai daerah. Basarah menyatakan, lawatan Ganjar ke kantor-kantor PPP di daerah merupakan pesan dari ketua Umum PDI-P.

Basarah juga mengaku, bahwa selain elemen partai, dukungan dari berbagai simpul relawan terus bertambah. Sebagai Ketua Tim Koordinasi Relawan Ganjar for President 2024, Basarah mengatakan, relawan Ganjar terus bermunculan dari beragam latar belakang. Relawan Ganjar dari lintas usia, lintas profesi, suku, agama yang sangat menggambarkan kebhinekaan Indonesia.

Ia yakin, seiring gerak relawan ke pelosok-pelosok, desa, RW-RW, hingga ke dusun-dusun, popularitas dan elektabilitas Ganjar akan meningkat meninggalkan para pesaingnya yang sudah terlebih dahulu keliling.

Pihaknya juga meyakini bahwa popularitas dan elektabilitas Ganjar akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya akar rumput. Apalagi Ganjar memang sosok pemimpin yang mudah diterima dan disukai oleh masyarakat luas.

Diketahui, usai konsolidasi dengan jajaran PDI-Perjuangan Banten, diiringi puluhan kader dan Satgas Cakra Buana, Ganjar menemui Partai Ka’bah yang telah resmi memberikan dukungan terhadap pencapresannya.

Jarak Kantor Banteng dan Kantor Ka’bah tidak terlampau jauh. Sekitar 200 meteran. Ganjar pun disambut teriakkan masyarakat yang hadir. Dia membalasnya dengan senyum dan melambaikan tangan.

Di depan Kantor DPW PPP, Sekretaris Wilayah DPW PPP Banten H. Iskandar, pengurus dan kader menyambut hangat. Ganjar mendapatkan suguhan tarian adat selamat datang yang ditampilkan oleh kader muda Ka’bah.

Ganjar berkata, dia akan durhaka jika tidak bersilaturahmi ke PPP di seluruh daerah yang dilawatinya. Ganjar juga memberikan apresiasi semangat kader PPP Banten dalam menyambut Pemilu dan Pilpres 2024.

Diketahui sebelum ke Banten, Ganjar juga telah mengunjungi Kantor DPW PPP Sumatera Selatan dan Sulawesi Utara. Selain itu, saat konsolidasi di Jawa Barat, Ganjar juga turut menyambangi Kantor DPW PPP Jabar.

Dalam lawatannya ke Banten, Ganjar menyempatkan bertemu ulama-ulama khos Banten. Salah satunya bersama Ahmad Basarah tatkala sowan ke Ulama Kharismatik Banten, Abuya Ahmad Muhtadi bin Dimyati Al Bantani, Pandeglang, Banten.

Dalam kunjungannya Ganjar diterima secara khusus di sebuah ruangan. Saat Abuya datang, Ganjar dipersilakan duduk di tempat Presiden Joko Widodo (Jokowi) duduk saat sowan dahulu. Abuya Muhtadi sempat mengatakan bahwa Pak Jokowi juga sempat menduduki tempat yang diduduki Ganjar. Setelah pertemuan, Ganjar mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan banyak nasihat dari Abuya Muhtadi.

Pada kesempatan berbeda, Ulama dan tokoh masyarakat Minangkabau juga memberikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai presiden dalam Pilpres 2024 yang dinilai sebagai pemimpin moderat dan mengedepankan peran ulama dalam menjalankan program pemerintahan di Jawa Tengah.

Buya Zainal  mengatakan, Ganjar adalah pemimpin yang mengimplementasikan nilai-nilai falsafah hidup Masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat yakni Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah.

Ia mengenal falsafah tersebut sejalan dengan apa yang dilakukan Ganjar selama memimpin Jawa Tengah. Buya Zainal juga menuturkan sebuah keutamaan dan sangat adil apabila pemimpin memprioritaskan kepentingan dan kesejahteraan para ulama dan masyarakat.

Aspirasi tersebut disampaikan di sela-sela kegiatan istigosah kebangsaan dan doa bersama di Auditorium Makkatul M. Karramah, UPT Asrama Haji Sumatera Barat, Koto Tanggah, Kota Padang Sumbar.

Buya Zainal menilai bahwa Ganjar merupakan sosok yang sangat memperhatikan ulama, meminta pendapat para ulama, bekerja sama dengan pemerintahan. Beliau mencari solusi-solusi dalam membangun bangsa. Selain itu Ganjar merupakan sosok yang merakyat dan peduli dengan nasib rakyat.

Buya Zainal yang merupakan Ketua Majelis Dakwah Islamiyah Sumatera Barat ini mengatakan salah satu pelibatan ulama adalah melalui sejumlah program menekan angka kemiskinan di Jateng seperti rumah tdak layak huni (RTLH) bagi masyarakat pra-sejahtera.

Tercatat Ganjar juga telah berkomitmen sejak 2019 untuk memberikan insentif pengajar agama senilai RP. 1.200.000 per orang, sebagai wujud perhatian Pemprov Jateng dalam meningkatkan kesejahteraan guru agama di Madrasah Diniyah, Pondok Pesantren, TPQ, Sekolah Minggu (Kristen/Katolik, Pasraman (Hindu) dan Vijjalaya (Budhha). Lebih dari 211.455 pengajar agama telah menerima bantuan tersebut.

Ganjar Pranowo merupakan sosok yang membumi, dirinya juga dekat dengan para ulama dan peduli terhadap kesejahteraan pengajar agama, di sisi lain kalangan akar rumput juga tak pernah luput dari perhatian Ganjar Pranowo.

 

)* Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
ayo buat website