ayo buat website

Ganjar Pranowo Memperjuangkan Hak Para Buruh

Suara Papua - Friday, 5 May 2023 - 21:16 WITA
Ganjar Pranowo Memperjuangkan Hak Para Buruh
 (Suara Papua)
Penulis
|
Editor

 

Oleh : Eva Kalyna Audrey

Ganjar Pranowo menjadi kandidat kuat sebagai Capres pada Pemilu 2024. Hal ini terlihat dari pendukungnya yang juga berasal dari kelompok buruh karena selama ini konsisten memperjuangkan nasib masyarakat.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah mengumumkan bahwa calon presiden (capres) pada Pemilu mendatang adalah Ganjar Pranowo. Pria yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah ini menjalankan amanah partai dan menjadi calon pemimpin yang bermutu.

Ganjar Pranowo dicintai rakyat karena memperjuangkan hak para buruh. Ganjar menyatakan bahwa May Day merupakan momentum buruh untuk menyuarakan aspirasinya kepada Pemerintah dan bagaimana yang harus dilakukan terhadap mereka.

Ganjar Pranowo mengatakan bahwa buruh itu bukan budak, tetapi orang yang memberikan jasa lalu dikasih upah.  Tidak hanya itu, ketika ada perbudakan dalam buruh, maka harus dilawan.

Menurutnya, ada hak-hak buruh yang harus ditegakkan dengan sebagaimana mestinya. Buruh itu bukan budak, maka kalau kemudian dilakukan perbudakan kita lawan, bekerja sebagai buruh pasti akan punya hak-haknya. Bahkan Ganjar Pranowo membuktikan perkataannya, terkait buruh yang idealnya itu seperti apa.

Ganjar Pranowo mengatakan, bahwa dirinya baru-baru ini berhasil membebaskan buruh yang disekap di Kamboja. Ternyata orang tersebut merupakan warga Jawa Tengah, tentunya menjadi tugas wajib Ganjar Pranowo untuk melindungi dan membebaskannya dari perbudakan tersebut.

Sebanyak 54 WNI disekap di Kamboja dan ada 10 orang yang berasal dari Jawa Tengah. Sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar tak hanya membebaskan 10 orang tersebut, tetapi semuanya. Para korban adalah WNI sehingga harus diselamatkan, dan mereka sangat berterima kasih karena pihak kepolisian Kamboja yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia bergerak dengan cepat.

Perhatian Ganjar kepada para pekerja wajib diapresiasi. Apalagi para buruh tersebut bekerja di luar negeri dan menjadi korban kejahatan. Dengan bantuan dan inisiasi Ganjar, mereka bisa selamat dan dipulangkan ke Indonesia dalam keadaan sehat.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengucapakan ‘selamat Hari Buruh’, dan menyampaikan bahwa dari pertemuan tadi telah melahirkan beberapa catatan-catatan. Hal ini beliau sampaikan ketika beraudensi dengan perwakilan dari serikat buruh. Beliau senang karena didukung penuh oleh para buruh.

Ganjar menambahkan, dari diskusi yang dilakukan tadi (dengan buruh) ada beberapa catatan-catatan mana yang harus dikoreksi, mana yang harus ditata, dan bagaimana membangun kesepakatan sehingga hubungan industrialnya cukup baik.

Sementara itu, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea menyatakan bahwa pihaknya all out mendukung Ganjar Pranowo dalam pencalonannya menjadi Calon Presiden 2024. Ia bersama 10 ketua umum konfederasi (buruh), akan menemui Pak Ganjar Pranowo. Artinya, akan memberikan sinyal, sebagian besar konfederasi buruh di Indonesia akan all out mendukung Ganjar Pranowo.

Andi menambahkan, konfederasi buruh memiliki alasan yang sangat kuat untuk mendukung calon presiden Ganjar Pranowo. Alasannya sangat kuat, karena Pak Ganjar adalah pemimpin yang waktu itu sampai dengan hari ini berani menemui buruh, berani mendengarkan aspirasi buruh. Bukan di dalam ruangan, langsung turun ke jalan, berani berdialog, berani bertanya, itulah yang dibutuhkan untuk memimpin masa depan Indonesia.

Andi mengatakan, ada banyak hal yang dibahas dalam pertemuannya dengan Ganjar, utamanya terkait dengan masalah-masalah buruh, serta mengenai regulasi. Pihaknya telah cocok dengan Ganjar Pranowo.

Ada banyak hal yang  dibahas mengenai masalah-masalah buruh, mengenai masalah regulasi, dan ada match. Jadi dipastikan, diyakinkan bahwa KSPSI mendukung all out pencalonan Ganjar Pranowo sebagai presiden RI.

Dukungan dari para buruh wajib diapresiasi karena mereka bisa menilai mana calon presiden yang murni berjuang untuk rakyat kecil atau yang hanya ingin memperkaya diri sendiri. Ganjar dinilai sangat tulus dalam membantu para buruh agar bisa mendapatkan gaji yang layak dan hidup dengan nyaman. Tidak ada buruh yang merugi karena mendapatkan upah di bawah UMK atau tidak mendapatkan hak-haknya dengan normal.

Ganjar terbukti memperjuangkan hak buruh, tak hanya yang ada di luar negeri (seperti para pekerja yang diselamatkan di Kamboja) tetapi juga di dalam negeri. Para buruh mendukung dan mengapresiasi Ganjar karena keberaniannya dalam membela hak mereka. Ganjar dinilai benar-benar mengerti akan kebutuhan rakyat, terutama para buruh, dan ingin jadi presiden untuk memakmurkan mereka.

Baru ada satu capres yakni Ganjar Pranowo yang terang-terangan didukung oleh para buruh. Hal ini menunjukkan bahwa beliau akan memenangkan Pemilu 2024, karena mayoritas rakyat Indonesia adalah para pekerja. Ganjar dinilai bisa memperjuangkan hak buruh agar bisa hidup dengan layak.

Capres Ganjar Pranowo sangat memperjuangkan hak-hak para buruh, terutama masalah pengupahan. Para pekerja harus mendapatkan gaji minimal UMK dan juga fasilitas yang memadai dari perusahaan. Banyak serikat buruh mendukung Ganjar karena beliau dinilai sangat dekat dengan rakyat dan pro pekerja.

 

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Lintas Nusamedia

 

 

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
ayo buat website