ayo buat website

Penutupan IESF Bali 14Th WEC 2022 Sangat Meriah, Bukti Kesuksesan PBESI Bangkitkan Ekosistem Esports Indonesia

Suara Papua - Sunday, 11 December 2022 - 22:53 WITA
Penutupan IESF Bali 14Th WEC 2022 Sangat Meriah, Bukti Kesuksesan PBESI Bangkitkan Ekosistem Esports Indonesia
 (Suara Papua)
Penulis
|
Editor

Oleh : Maya Naura Lingga )*

Penutupan IESF Bali 14Th WEC 2022 terjadi dengan sangat meriah dan megah, hal tersebut menjadi bukti konkret dari betapa suksesnya PBESI untuk terus membangkitkan ekosistem esports Indonesia hingga menembus kancah internasional.

Selama sembilan hari perhelatan Indonesia Esports Summit: Bali 14Th World Esports Championships 2022 berlangsung, segala prosesi memang terus terjadi dengan sangat meriah, bahkan sejak mulai acara pembukaan yang dilakukan pada Jumat (2/12) lalu hingga acara penutupan pada Minggu (11/12).

Sejumlah kemeriahan yang tersaji saat acara pembukaan, memang konsep dari PBESI untuk mengusung sport tourism di Tanah Air sangat sukses dilakukan. Mereka menyajikan banyak sekali budaya khas Nusantara di mata dunia, dan juga dibalut dengan kesenian modern yang berhasil memukau para hadirin sekalian yang datang langsung ke venue.

Seluruh hadirin terlihat penuh akan antusiasme dan juga larut dalam euforia yang sangat luar biasa. Mereka semua menikmati pertunjukan demi pertunjukan dalam acara penutupan IESF Bali 14Th WEC 2022 tersebut. Hal itu juga diyakini mampu untuk mendorong promosi budaya Tanah Air hingga bisa dikenal oleh seluruh masyarakat dunia.

Perhelatan ajang kejuaraan dunia olahraga elektronik yang diselenggarakan di Pulau Dewata itu juga mampu membantu pemulihan sektor ekonomi dan pariwisata Indonesia, utamanya setelah diguncang oleh pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu.

Sekuruh capaian dan keberhasilan tersebut tidak bisa dilepaskan dari kinerja pihak Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) di era kepemimpinan Jend Pol (Purn) Budi Gunawan. Sejauh ini, beliau terus berupaya keras dengan komitmen kuatnya untuk bisa terus menyumbangkan kinerja yang positif untuk kebangkitan ekosistem esports Tanah Air.

Lebih khusus, mengenai bukti nyata kinerja PBESI adalah asosiasi tersebut merancang seluruh penyelenggaraan IESF Bali 14Th WEC 2022, bahkan hingga mencetak rekor dunia pada Guinness Book of World Records sebagai event olahraga elektronik outdoor terbesar di dunia dengan jumlah peserta paling banyak, yakni sekitar lebih dari 600 atlet esports dunia dan sekitar 105 negara.

Budi Gunawan mengaku dirinya memang memiliki tekad yang sagat tinggi dalam kemajuan ekosistem esports Indonesia bahkan akan terus diupayakannya menembus ke kancah internasional. Dirinya merasa bertanggungjawab selaku asosiasi esports untuk juga bisa membantu dalam peningkatan kinerja para atlet olahraga elektronik itu.

Sejak pertama kali dilantik, beliau bahkan sudah langsung memikirkan banyak sekali angkah strategis selaku Ketua Umum PBESI. Tentunya seluruh langkah strategis yang dia lakukan itu tidak lain dan tidak bukan, ditujukan untuk lebih membangun esports Tanah Air hingga menjadi jauh lebih baik.

Melihat betapa suksesnya PBESI mengawal segala acara IESF Bali 14Th WEC 2022 hingga usai dan menyajikan penutupan yang demikian meriah, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali turut memberikan apresiasi yang sangatlah besar kepada asosiasi yang dipimpin oleh Budi Gunawan tersebut.

Menpora mengakui bahwa memang untuk bisa menyelenggarakan ajang yang demikian meriah, bukanlah perkara yang mudah, sehingga membutuhkan banyak sekali kerja keras serta komitmen yang sangat kuat dari seluruh pihak penyelenggara. Dirinya melihat, seluruh kerja keras telah dilakukan oleh PBESI dengan sangat luar biasa.

Apresiasi tinggi bukan hanya diungkapkan oleh Zainudin Amali, namun terlihat pula dengan sekian banyak jumlah peserta yang turut dalam gelaran tersebut, membuktikan bahwa saat ini dunia sedang sangat memperhatikan Indonesia. Bukan hanya para atlet esports di seluruh dunia saja, namun para pecinta dan penggemar olahraga elektronik tersebut merasa sangat puas dengan bagaimana kemeriahan acara yang disuguhkan oleh PBESI.

Presiden International Esports Federation, Vlad Marinescu juga turut merasa bangga dengan PBESI. Baginya, kesuksesan penyelenggaraan event esports outdoor terbesar dunia ini memang menjadi hal yang sangat luar biasa. Bahkan dia menuturkan bahwa seluruh keluarga besar esports di dunia sangatlah antusias untuk mengikuti segala prosesi acara mulai dari tahap pembukaan hingga penutupan pada Minggu (11/12).

Dengan suksesnya perhelatan IESF Bali 14Th WEC 2022, terlihat pula bagaimana kemampuan para atlet esports Tanah Air memiliki potensi yang sangat luar biasa hingga mereka sangat layak untuk bertanding di kancah internasional. Mereka juga mampu terus menyumbangkan berbagai macam prestasi. Kemudian, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya, Indonesia akan kembali mampu menghadirkan event esports luar biasa serupa.

Seluruh apresiasi yang telah dikemukakan oleh banyak pihak, menjadi bukti konkret bahwa memang PBESI mampu terus membangkitkan ekosistem esports Tanah Air hingga melaju dan layak disandingkan dengan ekosistem olahraga elektronik milik negara lain di dunia. Tidak lupa pula, banyak pihak turut memberikan apresiasi pada kemeriahan dan kemegahan acara penutupan IESF Bali 14Th WEC pada tahun 2022 ini.

)* Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
ayo buat website